cek nama PT perorangan

Cek Nama PT Perorangan Disini, Dijamin Gratis

Melakukan cek nama PT perorangan bukanlah hal yang sulit di era digital seperti sekarang. untuk mengeceknya, Anda hanya perlu mengakses website-nya saja tanpa perlu datang ke kantornya sekarang langsung. Website AHU online pun menyediakan akses tersebut.

Melakukan cek nama PT gratis penting sekali dilakukan guna melihat PT mana saja yang termasuk legal dan tidak legal. Nantinya akan langsung tercantum kelegalan dari nama perusahaan yang dicari teersebut.

Apabila perusahaan tergolong legal, maka akan muncul NIB dari perusahaan tersebut. Selain itu, terdapat pula informasi detail dari perusahaannya sehingga Anda dapat mengetahuinya dengan jelas.

Apa Itu PT Perorangan

Sebelum Anda melakukan cek nama PT perorangan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian PT Perorangan. Tak banyak orang yang mengetahui adanya PT Perorangan ini karena tahunya PT biasa.

PT Perorangan adalah suatu badan usaha yang didirikan oleh 1 orang serta memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil. kriteria tersebut tertuang di dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Nama PT Perorangan lainnya dikenal dengan istilah Perseroan UMK. 

Apakah PT perseorangan harus bayar pajak? Sebagai badan usaha yang sudah resmi dimata hukum, maka PT Perseorangan wajib membayar pajak.  Besaran pajaknya pun sudah ditentukan sehingga Anda tidak akan bingung lagi. 

Berapa modal dasar PT perorangan? Mendirikan PT ini memang ada aturan modalnya yaitu maksimal 5 miliar. Apabila modalnya melebihi angka tersebut, maka tidak lagi disebut dengan PT Perorangan.

Cara Cek Nama PT Perorangan

Melakukan cek nama PT Perorangan perlu dilakukan guna melihat apakah PT sudah terdaftar  atau belum. Beragam cara mengecek nama perusahaan tersebut  dapat dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Website KEMENKUMHAM

Pihak KEMENKUMHAM memiliki website yang dapat digunakan untuk mengecek nama dari perusahaan. Website tersebut dinamakan AHU (Administrasi Hukum Umum). Cek nama PT AHU dapat dilakukan dengan memperhatikan cara berikut:

  • Mulanya pengguna dapat mengakses laman nswi.bkpm.go.id terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik menu tracking
  • Masukkan nomor NIB perusahaan yang telah didaftarkan sebelumnya. Pastikan nomor tersebut sudah benar sehingga tidak ada kendala berarti.
  • Lalu, periksa legalitas dari Perseroan Perorangan (PT Perorangan) tersebut. Apabila sudah terdaftar, maka akan terlihat jelas informasi mengenai perusahaannya.

Ada yang bertanya kenapa nama PT tidak muncul di AHU? Kemungkinan nomor NIK direktur tidak sesuai dengan yang ada pada notaris ketika mengakses SK pada AHU. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam memasukkan NIKnya.

2. Website OJK

Cek nama PT dimana? Salah satunya bisa melalui website dari OJK. Melalui website ini, maka Anda bisa melakukan cek nama PT yang belum terpakai secara gratis. berikut langkah-langkah yang harus Anda tempuh:

  • Anda perlu membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu pada perangkat yang dimiliki.
  • Kemudian, segera masuk ke website OJK yang resmi.
  • Anda akan disambut dengan beragam data yang bisa diperiksa satu persatu sesuai bulan.
  • Cara Cek PT perorangan online berikutnya yaitu dengan pilih opsi pencarian.
  • Klik garis tiga yang posisinya ada di atas pojok kanan 
  • Selanjutnya, Anda dapat cek nama Perseroan yang sedang dicari.
  • Apabila PT Perseroan dinyatakan legal, maka statusnya pun akan terlihat. Melalui website ini, Anda juga bisa melihat daftar PT Perorangan yang ilegal atau tidak ada izinnya.

3. Website KOMINFO

KOMINFO biasanya menyediakan informasi terkait dengan penyiaran. Namun, Anda juga dapat melakukan cek nama PT Perorangan melalui website-nya. Kesederhanaan dari websitenya akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan pengecekan. Berikut caranya:

Pertama-tama Anda bisa mengakses website direktorat tata kelola atika terlebih dahulu. Pastikan website yang diakses sudah resmi. Apabila bingung, langsung saja akses https://pse.kominfo.go.id/

  • Ada beberapa pilihan tombol yaitu Daftar PSE Domestik dan Daftar PSE Asing.
  • Apabila Anda akan melakukan cek PT terdaftar dalam negeri, maka klik yang domestik. Nantinya akan muncul daftar PT yang terdaftar beserta informasi lainnya.
  • Selain itu, Anda juga mengakses PT yang diberhentikan sementara dan PT yang dicabut. Segera klik SE diberhentikan sementara dan SE dicabut.
  • Dengan melakukan cek nama PT online tersebut, maka Anda pun menjadi lebih paham mana PT yang saat ini masih mendapatkan izin dari pemerintah.

Tips Membuat Nama PT Perseorangan

Setelah mengetahui cara cek nama PT yang sudah terdaftar, maka Anda menjadi tahu nama-nama yang sudah ada. Sekarang, giliran Anda menentukan nama PT yang pas agar bisa segera mengurus izinnya. Berikut beberapa tips yang wajib diterapkan:

1. Pilih Nama Yang Unik

Nama PT merupakan suatu identitas yang harus memiliki daya tarik tersendiri. Menggunakan nama yang unik merupakan tips yang harus Anda coba. Biasanya, nama unik ini tidak terfikirkan oleh pihak lain sehingga pasti belum ada yang menggunakan.

Nama yang unik akan membuat orang lain mudah mengingat namanya. Tak heran jika perusahaan Anda pun akan mudah terkenal. Cobalah untuk merancang terlebih dahulu, kira-kira apa nama yang cocok digunakan.

Lalu, bolehkah nama PT pakai nama sendiri? Tentu saja boleh jika belum dipakai orang lain. Namun, biasanya nama sendiri sudah terlalu mainstreem sehingga tidak terliat unik untuk nama PT.

2. Sesuaikan Bidang Usaha

Penting juga untuk memilih nama PT yang familiar dengan bidang usaha atau masih berhubungan dengan bidang usahanya. Hal tersebut dilakukan agar semua orang dapat langsung paham bidang usaha yang digeluti.

Cantumkan saja bidang usaha tersebut dibagian paling akhir dari nama PT. Untuk dua kata depannya dapat diambil dari nama unik yang sudah dipersiapkan. Memang memilih nama PT tidak mudah, namun cukup menantang.

Apabila Anda masih bingung dalam memilih nama, maka pesan nama PT merupakan solusi terbaik. Tenang saja karena sekarang sudah ada Teman Legal yang siap membantu Anda. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan akses https://temanlegal.com/

Penutup

Melakukan cek nama PT Perorangan terasa sangat mudah dengan bantuan beberapa website yang telah tersaji di atas. Anda pun bisa memanfaatkan website tersebut sesuai dengan keperluannya.

Frequently Asked Questios (FAQ)

1. Bolehkah penamaan PT menggunakan angka?

Tidak boleh menggunakan angka ataupun huruf yang tidak memiliki arti apapun. Menggunakan angka akan membuat orang lain kesulitan dalam mengeja sehingga tidak diperkenankan.

2. Mengapa nama PT harus menggunakan 3 suku kata?

Tujuannya yaitu untuk membedakan antara nama perusahaan yang berasal dari modal asing dan perusahaan lokal. Selain itu, untuk menghindari kesamaan nama dari perusahaan lain.

3. Berapa modal minimal pendirian PT?

Modal yang harus disiapkan ketika akan mendirikan PT yaitu Rp 50.000.000. Peraturan tersebut tercantum dalam pasal 32 UUPT sehingga tidak boleh dilanggar.

4. Persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar PT Perorangan?

Persyaratan yang diperlukan pun tidak terlalu banyak yaitu 3 persyaratan saja. Persyaratan tersebut diantaranya yaitu NPWP, KTP, dan alamat email yang masih aktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *