biaya pembuatan PT perorangan

Biaya Pembuatan PT Perorangan, Terjangkau dengan Berbagai Keuntungan

Berapa biaya pembuatan PT perorangan? Banyak yang mengira mengurus legalitas PT perorangan rumit, ribet dan tidak begitu penting. Padahal, dengan legalitas penuh, merintis usaha lebih optimal dan dapat mengambil keputusan terbaik guna pengembangan bisnis.

Mengenal PT Perorangan

Untuk daftar PT perorangan membutuhkan dokumen dan syarat tertentu. Selain itu perlu juga mempersiapkan surat pernyataan pendirian PT perorangan jauh-jauh hari agar tidak ada satupun dokumen yang tertinggal.

Perseroan Terbatas perorangan atau PT perorangan biasa pula dengan sebutan PT Usaha Mikro dan Kecil (PT UMK). Sebagai salah satu jenis usaha individu dalam menjalankan usaha berdasar perlindungan hukum sebagaimana PT lainnya.

Dengan legalitas PT perorangan maka kepemilikan dan pengendalian penuh bagi pendirinya. Cara buat PT perorangan mudah karena bisa dilakukan secara online. Keunggulannya adalah dapat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis agar aliran dana lebih terorganisir dengan baik.

Syarat Mendirikan PT Perorangan

Cara daftar PT perorangan sangat praktis jika telah lengkap syarat dan tahu kewajiban PT perorangan dengan detail. Dalam mengurus legalitas perlu juga menyiapkan biaya pembuatan PT perorangan agar prosedur berjalan cepat dan lancar.

Adapaun syarat pendiri PT perorangan adalah sebagai berikut:

1. Pendirinya WNI

Syarat utama pendiri adalah WNI (Warga Negara Indonesia).

2. Minimal Usia 17 Tahun

Terdapat minimal usia untuk mengurus pendiriannya yaitu 17 tahun dan mengerti hukum dengan baik. Pada usia tersebut yang bersangkutan telah memiliki e-KTP dan ID lain yang dibutuhkan.

3. Jumlah Pemegang Saham 1 Orang

Dalam contoh PT perorangan jumlah pemegang saham hanya boleh 1 orang saja dan tidak boleh lebih.

4. Pendiri Punya Hak Mendirikan PT Perorangan 1 Kali

Dalam aturan dan syarat Kemenkumham PT perorangan, pendiri hanya boleh dan punya hak mendirikan sekali saja dalam jangka waktu 1 tahun.

Setelah semua syarat terpenuhi, saatnya mengikuti prosedur pembuatan PT perorangan dengan menyiapkan nama PT dan menyetorkan modal dasar. NPWP sebagai syarat pajak, AHU (Administrasi Badan Usaha), NIB (Nomor Induk Berusaha) dan dokumen lainnya.

Dalam bisnis juga membutuhkan kriteria usaha untuk menentukan apakah usaha tersebut kategori usaha mikro, kecil atau menengah berdasarkan omset yang dihasilkan. 

Selanjutnya jangan lupa menyiapkan biaya pembuatan PT perorangan karena akan banyak keuntungan bisa didapat.

Keuntungan PT Perorangan

Berdirinya PT perorangan memberi kemudahan dalam pengembangan bisnis secara optimal. Keuntungan berdampak pada produktivitas dan peningkatan profit usaha.

Berikut keuntungan pembuatan PT perorangan online yang harus diketahui, antara lain:

1. Proses Mudah

Proses dalam buat PT perorangan sangat mudah dan tidak ribet. Soalnya tidak membutuhkan akta dengan tanda tangan notaris. 

Jika ingin usaha mikro menengah atas berkembang dan mendapatkan legalitas jelas, hanya perlu izin dari pendirian PT ke Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham.

2. Tidak Ada Ketentuan Modal

Keuntungan berikutnya adalah modal tidak ada ketentuan khusus. Namun, modal ini menyesuaikan kemampuan sehingga tidak memberatkan sama sekali.

Saat melengkapi syarat dokumen pernyataan pendirian PT, cek kriteria modal agar tahu lebih detail.

3. Mudah dalam Pengambilan Keputusan

Berapa biaya pembuatan PT perorangan sangat sebanding dengan keuntungan yang didapat. Sebab, pendiri lebih punya kuasa dan keleluasaan dalam mengambil keputusan. Satu orang pendiri otomatis berperan ganda sebagai pemegang saham.

Dengan begitu segala hal terkait bisnis dan keputusan yang akan diambil hak mutlak pendiri. Selain solutif, menjadi keputusan terbaik untuk kasus darurat yang harus tepat cepat memutuskan. 

Tentunya tanpa harus diskusi dengan orang lain sebab semua keputusan dari pendiri saja.

4. Mudah Mendapatkan Dukungan Modal

Keuntungan yang lebih menarik dari PT perorangan dengan kemudahan dalam mendapatkan dukungan modal usaha. Legalitas sebagai modal utama ketika akan mengajukan dukungan modal lewat bank atau yang lain.

Usaha dengan badan hukum jelas akan lebih valid dalam mendapatkan investor dan pinjaman bank lebih mudah ACC.

5. Pajak Terjangkau

Legalitas dengan buat PT online gratis dan mudah kadang menimbulkan rasa khawatir dalam nominal pembayaran pajak. Padahal untuk pajak dalam PT perorangan hanya perlu membayar pajak perorangan saja.

6. Profit Meningkat

Setiap bisnis mengharapkan profit atau keuntungan yang banyak. Dalam PT perorangan adanya keuntungan adalah milik pendiri. 

Semua keuntungan adalah milik pendiri sehingga jika bisnis meningkat pesat keuntungan akan melesat dan tentunya dapat untuk pengembangan usaha lainnya.

Melihat keuntungannya yang sangat menggiurkan, ada baiknya pemilik usaha kecil menengah mulai menyiapkan mendirikan PT perorangan. Jika tidak ada waktu untuk mengurusnya dapat menggunakan jasa pembuatan PT perorangan yang terpercaya dan berkualitas.

Selain itu dalam memilih jasa layanan pastikan juga biaya pembuatan PT perorangan terjangkau dengan paket pilihan menguntungkan dari pihak layanan profesional.

Biaya Pembuatan PT Perorangan

Setiap pendiri usaha yang ingin melegalkan bisnis tentu menginginkan biaya terendah tapi dengan kualitas jaminan mutu terbaik. Jasa layanan terpercaya, akan memberikan pilihan harga terjangkau dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Cara buat PT perorangan online lebih praktis melalui jasa layanan. Rekomendasi jasa layanan terpercaya dengan tim profesional bisa cek ke https://temanlegal.com/

Agar tidak penasaran lagi, berikut perkiraan biaya pembuatan PT perorangan yang sangat terjangkau melalui jasa layanan terpercaya Teman Legal yaitu:

1. Rp 1 Juta Rupiah (Silver)

Biaya mulai dari Rp1.000.000 dengan pengecekan nama, pernyataan pendirian, sertifikat pendirian.

2. 1,5 Juta Rupiah (Gold)

Paket Gold memiliki dengan biaya 1,5 juta rupiah dengan pengecekan nama, pernyataan pendirian, sertifikat pendirian, NPWP dan SKT pajak, NIB, Pernyataan UKM tata ruang dan sertifikat standar.

Teman Legal unggul dalam berbagai hal yaitu sangat aman dan terpercaya, proses mudah, cepat serta dapat melakukan konsultasi gratis terkait pendirian PT. Pihak layanan sudah terpercaya lebih dari 1000 bisnis dalam pengurusan legalitas usaha.

Melalui jasa layanan terpercaya biaya pembuatan PT perorangan dapat ditekan dan terjangkau. Semua terurus dengan baik tanpa perlu repot. Dengan begitu pelaku usaha tetap menjalankan bisnis sedangkan penanganan legalitas diurus Teman Legal yang profesional dan terpercaya.

Frequently Asked Questions

1. Berapa biaya mendaftarkan PT?

Biaya daftar pendirian PT secara umum mulai dari 5 jutaan. Namun, untuk biaya pembuatan PT perorangan mulai dari 1 juta rupiah.

2. Apakah PT perorangan harus bayar pajak?

Ya tetap membayar pajak tetapi pajak untuk perorangan dari pendiri yang bersangkutan.

3. Apakah PT perorangan perlu akta notaris?

Dalam pembuatan PT perorangan, keunggulannya adalah tanpa perlu menggunakan akta notaris.

4. Apa Perbedaan PT perorangan dengan PT biasa?

Perbedaannya adalah PT perorangan pendirinya sekaligus pemegang saham dan terdiri dari satu orang. Sedangkan PT biasa pendirinya harus 2 orang atau lebih sesuai aturan dan syarat perundang-undangan yang berlaku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *