jasa pembuatan NIB

Jasa Pembuatan NIB Profesional dan Terpercaya

Semakin berkembangnya dunia usaha saat ini nyatanya juga turut diimbangi dengan semakin dibutuhkannya jasa pembuatan NIB. Meski sekarang sudah ada sistem online untuk membuatnya, tapi masih saja ada beberapa di antara pihak yang terkendala.

Jenis NIB sendiri nantinya ada yang diperuntukkan bagi pelaku usaha perorangan dan pelaku usaha dalam bentuk badan usaha. Makanya layanan penyedia jasa pembuatan NIB perorangan dengan NIB perusahaan juga tak sama.

Pengertian NIB 

Pertama jangan dulu bahas bagaimana cara membuat NIB online dan apa saja syarat yang diperlukan untuk mengurusnya. Sebab kalian perlu nih mengenal gambaran umum dari NIB lebih dulu loh. Singkatnya NIB adalah kependekan dari Nomor Induk Berusaha.

Yang mana nantinya nomor ini akan berperan sebagai identitas dari usaha yang kalian kelola sesuai dengan bidangnya. Kalian bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha ini dengan mengurusnya secara mandiri atau pakai jasa pembuatan NIB perusahaan. 

Mengingat NIB memang harus dimiliki oleh kalian para pelaku usaha baik dalam skala perorangan maupun perusahaan. Sehingga ada yang mengibaratkan NIB sebagai KTP suatu perusahaan. Sebab NIB adalah identitas yang akan dipakai untuk mengakses sejumlah hal.

Diantaranya untuk akses kegiatan serta perizinan yang tengah dikerjakan sekaligus diperlukan pada suatu badan usaha. Jika kalian sudah memperoleh NIB dari jasa pembuatan NIB OSS atau lainnya. NIB tersebut tetap berlaku sesuai dengan aturan yang ada.

Syarat Mengurus Pembuatan NIB 

Sebelum membicarakan tentang berapa sih biaya jasa pembuatan NIB itu? Ketahui dulu nih daftar syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha. Apa saja syarat yang dimaksud? Yuk simak dalam penjelasan berikut:

  1. Syarat pertama mengurus NIB secara mandiri atau jasa pembuatan NIB adalah akta perusahaan beserta AHU. Untuk syarat yang satu ini khusus bagi usaha telah berbadan hukum.
  2. NPWP milik perusahaan atau bisa juga pakai milik pribadi.
  3. Ketika status usaha sudah berbadan hukum, maka pembuatan NIB perusahaan perlu menyertakan sketsa lokasi perusahaan.
  4. Nomor telepon yang berstatus aktif dan bisa dihubungi.
  5. Kartu Tanda Penduduk.
  6. Untuk status usaha yang telah berbadan hukum, proses daftar NIB di sistem OSS perlu menyertakan salinan NPWP milik direktur.
  7. Cantumkan juga email yang masih aktif.
  8. Terakhir syarat membuat NIB online berupa lokasi usaha sama dengan lokasi yang tertera pada perizinan yang dimiliki.

Tahap Pembuatan NIB 

Setelah memahami sejumlah syarat yang diperlukan untuk mengurus NIB. Kalian juga harus paham bagaimana cara membuat NIB online gratis. Penasaran apa saja tahapan tersebut? Langkah-langkahnya bisa kalian baca dalam ulasan berikut:

1. Melakukan Pendaftaran

Langkah awal sebagai cara membuat NIB perorangan online adalah proses pendaftaran. Yang mana proses ini bisa kalian lalui lewat situs resmi OSS. Untuk mengaksesnya bisa pakai browser yang ada di perangkat kalian.

2. Memasukkan Identitas 

Sesudah berhasil mengakses situs OSS resmi dari pemerintah. Proses pembuatan NIB di OSS berikutnya yaitu tinggal masukkan NIK untuk jenis usaha berskala perorangan. Sedangkan untuk jenis usaha yang berskala perusahaan, data yang perlu dimasukkan beda lagi.

Yakni berupa nomor yang pengesahan akta berdirinya perusahaan tersebut. Selain itu juga data berupa dasar hukum atas dibentuknya perusahaan. Jika punya kendala dalam melakukan proses semacam ini. Kalian bisa pakai jasa pembuatan PT agar lebih gampang.

3. Mengisi Data

Jika kalian sudah berhasil masuk dengan identitas NIK maupun  nomor pengesahan perusahaan. Tahap pembuatan NIB online berikutnya, kalian akan diminta mengisi sejumlah data. Data tersebut terdiri dari nama, jenis penanaman modal, nama, bidang usaha. 

Selain itu juga ada data Nomor Induk Kependudukan, alamat, lokasi tanam modal dan seterusnya. Jika dalam menerapkan cara membuat NIB online OSS ini kalian belum punya NPWP. Tenang saja, karena OSS mampu memprosesnya dengan mudah.

Saat kalian merasa kesulitan dalam melalui proses pembuatan Nomor Induk Berusaha seperti ini. Maka kalian dapat memanfaatkan keberadaan dari jasa pembuatan NIB yang ada. Dengan begitu NIB bisa kalian peroleh dengan lebih mudah dan lebih cepat.

4. Penerbitan NIB

Langkah terakhir dalam tahap pembuatan NIB PT perorangan maupun perusahaan yakni penerbitan yang dilakukan oleh lembaga OSS. Tentunya dengan catatan bahwa data yang kalian isikan sudah lengkap dan benar. Selain itu pemilik usaha juga harus punya NPWP.

Manfaat Memiliki NIB

Dengan memiliki Nomor Induk Berusaha seorang pelaku usaha bisa memperoleh sejumlah manfaat loh. Makanya kalau kalian kesulitan mengurus NIB mandiri bisa menggunakan jasa pembuatan NIB atau kota lainnya. Berikut daftar manfaat punya NIB:

1. Menyimpan Data Perizinan

Biasanya ketika pelaku usaha ingin mengurus sejumlah perizinan pasti akan menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan. Namun ketika punya NIB, kalian hanya perlu menyertakan dokumen pendukung saja. Jasa membuat NIB juga bisa kalian pakai untuk mempermudah.

2. Mempercepat Pengajuan Izin

Seperti yang kalian ketahui jika NIB bisa dibuat pakai OSS go id dengan cukup mudah. Nah, lewat sistem ini punya pengurusan sejumlah izin juga bisa dilakukan dengan lebih gampang. Pastinya tidak sama dengan langkah yang harus ditempuh dengan cara konvensional.

3. Menyingkat Proses Perizinan

Perlu kalian ketahui ketika melakukan pendaftaran pembuatan NIB CV atau badan usaha berbentuk lain. Kalian akan memperoleh sejumlah dokumen legalitas yang nantinya berguna untuk mengurus beragam perizinan perusahaan.

Diantara dokumen legalitas yang didapat dari NIB online login lewat sistem OSS meliputi NPWP, SIUP, RPTKA dan seterusnya. Sehingga bisa dikatakan cuma dengan beberapa langkah, dokumen tersebut bisa kalian peroleh. 

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan NIB?

Jawaban:  Singkatnya NIB adalah kependekan dari Nomor Induk Berusaha. Yang mana nantinya nomor ini akan berperan sebagai identitas dari usaha yang kalian kelola sesuai dengan bidangnya.

2. Apa saja syarat mengurus pembuatan NIB?

Jawaban: Akta perusahaan beserta AHU, khusus bagi usaha telah berbadan hukum. NPWP milik perusahaan atau bisa juga pakai milik pribadi. Nomor telepon yang berstatus aktif dan bisa dihubungi, KTP dan lainnya. 

3. Apa saja tahapan dalam pembuatan NIB?

Jawaban: Tahap pembuatan NIB dimulai dengan melakukan pendaftaran lewat situs resmi OSS. Kemudian memasukkan identitas yang sesuai seperti NIK atau lainnya. Lalu pengisian sejumlah data mulai nama hingga selesai. Terakhir NIB akan diterbitkan oleh lembaga OSS.

Jasa Pembuatan NIB Profesional dan Terpercaya

Kalian termasuk orang yang punya usaha dan ingin daftar NIB namun terkendala sesuatu? https://temanlegal.com/ hadir dengan layanan pengurusan Nomor Induk Berusaha dengan mudah dan cepat yang bisa kalian pilih sebagai solusi.

Jadi jika kalian butuh jasa pembuatan NIB yang profesional dan terpercaya bisa menghubungi https://temanlegal.com/ lewat kontak yang tertera. Jika masih bingung dengan sesuatu, kalian pun bisa melakukan konsultasi lebih dulu loh, mudah bukan?.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *