Beberapa Manfaat Belajar Hukum dalam Bisnis Bagi Pemula

Terkadang adanyan hukum dalam bisnis dianggap mengganggu jalannya usaha. Karena adanya aturan, usaha tidak bisa langsung dimulai begitu saja, melainkan perlu dilakukan banyak pemberkasan yang cukup sulit sebelum memulai bisnis. Selain itu, prosesnya pun terhitung cukup lama.

Hal tersebut tentu akan terasa berbeda apabila urusan hukum dihiraukan. Tidak perlu ada persiapan pemberkasan yang terkesan rumit dan cukup dengan melakukan perencanaan dan usaha sudah bisa dimulai. Karena pemahaman tersebutlah, sebagai jalan keluar banyak pengusaha yang langsung memulai usaha tanpa memikirkan urusan legalitas.

Padahal, mempelajari legalitas dalam berusaha memberikan banyak keuntungan. Bahkan, terdapat beberapa manfaat belajar hukum dalam bisnis yang sangat penting bagi kelangsungan usaha. Apabila sudah mengetahui manfaatnya, setiap orang pasti memprioritaskan untuk mempelajarinya. Berikut manfaatnya lengkapnya.

Mengetahui Aturan dan Dapat Mentaatinya

Manfaat belajar hukum dalam bisnis mengarah pada pengetahuan mengenai aturan-aturan tersebut. Dengan mempelajari aturan-aturan hukum dalam bisnis, seorang pelaku usaha akan mengetahui tentang apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan dalam mendirikan dan menjalankan sebuah perusahaan. Secara umum aturan-aturan yang penting untuk diketahui dan dipelajari oleh para pelaku usaha adalah diantaranya UU PT (UU No. 40 tahun 2007) dan UU Ketenagakerjaan (UU No. 13 tahun 2003).

Tentu saja hal ini memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha, sehingga para pelaku usaha dapat melakukan upaya-upaya preventif untuk meminimalisir permasalahan dalam menjalankan usahanya dan menghindari hal-hal yang dilarang di dalam peraturan perundang-undangan. Sebaliknya, hal ini jelas tidak akan terjadi apabila pemahaman terkait aturan tersebut belum dimiliki.

Memahami Cara Mendirikan Sebuah Perusahaan

Mendirikan dan menjalankan sebuah perusahaan tidaklah semudah yang terlihat. Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mendirikannya. Disinilah letak manfaat belajar hukum dalam bisnis. Dengan memahaminya, seseorang bisa mengetahui bagaimana cara pendirian sebuah perusahaan hingga bisa berjalan dengan semestinya.

Memang kebanyakan orang memilih untuk memakai jasa seorang ahli dalam pendirian sebuah usaha besar. Namun tidak ada salahnya jika pelaku usaha mencoba untuk belajar dan memahami mengenai pendirian usahanya. Karna pada akhirnya, sang pelaku usaha lah yang akan menjalankan usaha tersebut dan harus paling mengetahui mengenai usahanya sendiri.

Dengan memiliki ilmu dasar dari hukum dalam berbisnis, setidaknya Anda dapat melakukan upaya-upaya preventif jika suatu saat terjadi masalah dengan usaha Anda, selain itu Anda juga dapat menjadi atasan yang baik dengan memahami hak-hak karyawan Anda sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Namun, jika Anda memiliki masalah dalam hukum bisnis dan ingin menyelesaikannya, Anda dapat berkonsultasi dengan kami di temanlegal.com, silakan kunjungi dan tanyakan semua permasalahan hukum Anda kepada kami.