Cara mendirikan CV kontraktor

Cara Mendirikan CV Kontraktor Anti Ribet Via OSS

Salah satu bentuk badan usaha yang cocok untuk skala menengah adalah CV. Dewasa ini terdapat pula CV Kontraktor yang bisa Anda dirikan. Cara mendirikan CV kontraktor pun terbilang lebih simpel dibandingkan PT.

Biaya pembuatan CV kontraktor juga tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk usaha pemula. Anda bisa mulai mempersiapkan biaya untuk pendiriannya agar tidak terlalu berat ketika sudah waktunya mendaftar.

Lalu, CV kontraktor bergerak di bidang apa? tentu saja bergerak di bidang kontraktor. Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah kontraktor tersebut sehingga perlu mencari tahu terlebih dahulu.

Apa Itu CV?

Sebelum mengetahui cara mendirikan CV kontraktor, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari CV. Diketahui bahwa CV merupakan badan usaha yang bentuknya persekutuan dan didirikan minimal oleh 2 orang.

Ketentuan mendirikan CV yaitu harus ada 2 sekutu yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif berperan sebagai pengelola perusahaan, sedangkan sekutu pasif berperan hanya sebagai pemberi modal saja. 

Apakah CV ada direktur? di dalam CV terdapat direkturnya yaitu yang berperan sebagai sekutu aktif (persero pengurus). Lalu, apakah CV harus punya NIB? jawabannya pasti ya, karena setiap perusahaan harus punya NIB (Nomor Induk Perusahaan). 

Berapa modal buka CV? sebenarnya tidak ada peraturan khusus yang membahas mengenai modal yang harus disetorkan CV. Jadi, Anda akan semakin mudah untuk mendirikannya. Poin yang terpenting adalah sudah memiliki izin resminya terlebih dahulu.

Apa Itu Kontraktor ?

Kontraktor merupakan pihak perorangan ataupun ataupun kelompok berbadan hukum yang disewa oleh pemilik proyek. Nantinya, kontraktor akan melakukan pekerjaan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Pekerjaan dari kontraktor terbatas dengan biaya, waktu, dan ketentuan lain yang ada di dalam kontrak. Cara mendapatkan proyek bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu penunjukan langsung dari pemilik proyek ataupun melalui lelang.

Cakupan Jasa Kontraktor 

Ada banyak sekali contoh CV kontraktor yang saat ini sudah didirikan. Untuk bisa melihat contohnya, Anda bisa melihat cakupannya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menemukannya sendiri. Berikut beberapa cakupan jas kontraktor:

1. Bangunan dan Material

CV kontraktor yang umum didirikan adalah jasa bangunan dan material. Di dalam jasa ini, kontraktor akan bertanggung jawab penuh terhadap penggalian tanah, pembuatan sumur resapan, dan pembersihan lahan.

Demi kelancaran dalam proyek ini, maka akan dipergunakan alat berat. Jadi, jangan heran jika nantinya alat tersebut akan mengganggu lingkungan sekitar karena biasanya menimbulkan kebisingan.

2. Jasa Desain

Contoh CV proyek selanjutnya yaitu proyek desain lahan. Sebelum memulai untuk mendesain, biasanya akan dilakukan survey lahan terlebih dahulu. Apabila sudah dilakukan, maka kontraktor akan segera memulai desainnya.

Jenis-jenis perusahaan kontraktor  yang menawarkan jasa desain biasanya disesuaikan dengan keinginan, budget, dan kebutuhan dari pemilik proyeknya. Sudah semestinya kontraktor mematuhi perjanjian yang telah dibuat di atas kertas.

3. Renovasi

Mendirikan CV kontraktor merupakan pilihan yang terbaik karena dewasa ini banyak yang membutuhkan jasanya. Salah satu jasa yang membutuhkan adalah pemilik proyek yang ingin merenovasi rumah yang dimilikinya.

Proses renovasi tersebut bisa dimulai dari interior, eksterior, dan fasilitas yang lainnya. Pastikan bagian yang direnovasi tersebut sudah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. 

Cara Mendirikan CV Kontraktor

Sejak tahun 2019 silam, terdapat perubahan cara mendirikan CV kontraktor yang perlu diketahui. Dimana, cara mendirikannya dilakukan melalui OSS. Berikut akan disajikan beberapa caranya untuk Anda:

  • Sebelum memulai caranya, pastikan Anda telah mengetahui syarat membuat CV kontraktor terlebih dahulu. Lalu, Anda perlu melakukan login melalui website OSS.
  • Apabila sudah berhasil, cara mendirikan CV kontraktor berikutnya yaitu masukkan alamat email, NIK, beserta informasi lainnya.
  • Setelah itu, buka email Anda dan lakukan cek link tautan yang dikirimkan melalui OSS
  • Klik link tersebut untuk melakukan aktivasi
  • Tunggu sampai ada balasan email yang berisikan mengenai password dan ID.
  • Cara mendirikan CV kontraktor selanjutnya yaitu dengan melakukan pendaftaran. Anda perlu melakukan login terlebih dahulu ke alamat OSS.
  • Masukkan user ID dan password yang telah diberikan tadi.
  • Apabila sudah berhasil masuk, silahkan isi dan lengkapi data yang dibutuhkan pada formulir tersebut. Pastikan data yang telah diisi sudah benar agar pendaftaran bisa diproses.
  • Melalui cara tersebut pun, Anda bisa mendapatkan izin NIB dengan cara klik Perizinan Mikro dan pilih Pengajuan Baru.
  • Jika prosedur pembuatan CV sudah selesai, maka NIB bisa diunduh sendiri. 
  • Cara mendirikan CV pengadaan barang dan jasa pun sama dengan cara tersebut sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Keuntungan Mendirikan CV Kontraktor

Keuntungan mendirikan CV ini lebih banyak didapatkan dibandingkan resiko mendirikan CV. Buktinya semakin banyak saja yang mendirikan CV ini. Berikut akan disajikan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan:

1. Tanpa Minimal Modal

Mendirikan CV bisa dilakukan tanpa memperhatikan modal minimalnya. Memang tidak ada ketentuan modal yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Hal tersebut menjadikan Anda semakin mudah untuk melakukan cara mendirikan CV.

2. Biaya Relatif Lebih Murah

Untuk mendirikan CV tersebut, biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah dibandingkan Anda mendirikan PT. Syarat yang diperlukan pun tidak terlalu banyak sehingga Anda tidak akan kesulitan. 

Bagi Anda yang ingin mengurus pendirian CV dengan biaya yang murah, maka bisa percayakan saja pada Teman Legal. Kunjungi website https://temanlegal.com/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya. Anda juga bisa melakukan konsultasi gratis.

Penutup

Cara mendirikan CV kontraktor yang telah disajikan di atas bisa Anda coba jika ingin mendirikannya. Namun bagi Anda yang tidak ingin merasa ribet, maka bisa menyewa jasa pendirian CV yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa lama proses pembuatan CV

Proses pembuatan CV cukup memakan waktu yang lama. Apabila sudah mendapatkan akta notaris, maka pendaftaran bisa dilakukan melalui Pengadilan Negeri. Proses tersebut memakan waktu kurang lebih 2 bulan.

2. Berapa pajak dari CV?

Untuk pemungutan pajak PT dan CV tertuang di dalam pasal 17 ayat (2) UU PPh. Tarifnya adalah sebesar 22%. Jadi, setiap CV harus menyisihkan uangnya untuk membayar pajak agar pembangunan di Indonesia tidak terhambat.

3. Perbedaan antara kontraktor dan pemborong adalah?

Perbedaan yang paling menonjol adalah kontraktor memiliki izin yang resmi dan berbadan hukum. Lain halnya dengan pemborong yang izinnya tidak resmi. Biasanya, pemborong dikelola secara individu dan tidak ada perjanjian hitam diatas putih.

4. Berapa modal awal mendirikan CV

Di dalam peraturan perundang-undangan, tidak ada ketentuan khusus terkait modal awal yang diperlukan untuk mendirikan CV. Jadi, tidak ada syarat modal minimal yang harus disetorkan untuk mendirikan CV.