Pahami Kelebihan dan Kekurangan PT sebelum Mendirikan Badan Usaha

Kelebihan dan kekurangan PT menjadi bahan pertimbangan yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum mendirikan badan usaha. Ada beberapa jenis badan usaha dengan karakteristik masing – masing dan tidak semuanya cocok untuk bisnis yang ingin Anda bangun. Itulah mengapa memahami satu per satu jenis badan usaha sangat penting. 

Di Indonesia, kita mengenal berbagai macam lembaga usaha yang sering dipilih, seperti Firma, CV, bisnis perorangan, persekutuan perdata hingga Perseroan Terbatas (PT). Sebelum memilih salah satu jenis lembaga usaha, pastikan Anda mengenal terlebih dahulu apa visi dan misi bisnis yang ingin Anda jalankan.

Sekarang ini, PT menjadi lembaga usaha yang paling sering digunakan oleh pebisnis karena terdapat berbagai keunggulan yang dimilikinya. Namun, dibalik kelebihan tersebut tentu ada beberapa kekurangan yang wajib Anda pertimbangkan terlebih dahulu agar nantinya Anda tidak menyesal karena telah salah pilih dan berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Kelebihan dari Badan Usaha PT

Kelebihan dan kekurangan PT berikut ini wajib untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum mendirikan suatu lembaga usaha. Kelebihan pertama yang akan didapatkan adalah aset dan harta pribadi menjadi lebih aman dan terlindungi karena badan hukum ini dianggap sebagai entitas tersendiri sehingga harta pribadi akan aman. 

Kelebihan lainnya adalah kepemilikan saham mudah dialihkan kepada pihak lain, misalnya dengan menjual saham tersebut dan menjadikannya sebagai pemegang saham dari PT tersebut. PT juga merupakan badan usaha dengan jangka waktu tidak terbatas sehingga bisa terus beroperasi hingga PT tersebut dibubarkan dengan kebijakan pendiri PT.

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dengan mendirikan badan usaha ini adalah mudah mendapatkan pendanaan untuk keperluan perusahaan, membuka kesempatan bisnis yang luas, mematuhi hukum yang berlaku di negara berdirinya perusahaan tersebut, dan mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan sehingga lebih mudah memikat para konsumen.

Kekurangan dari Badan Usaha PT

Memahami kelebihan dan kekurangan PT merupakan hal wajib diperhatikan agar badan usaha yang dipilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Di samping banyaknya kelebihan lainnya adalah Anda harus memperhatikan kekurangannya juga, seperti anggapan bahwa prosedur mendirikan PT cenderung lebih sulit dan panjang. 

Sebenarnya memang benar bahwa ada beberapa syarat dan prosedur yang harus dipenuhi untuk mendirikan suatu badan usaha PT, tapi proses ini juga bisa dilakukan secara online untuk memudahkan pemula. Sistem ini bernama Online Single Submission (OSS) dan Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pendaftaran.

Kekurangan kedua yang dimiliki badan usaha PT adalah proses pembubaran yang tidak semudah jenis badan usaha lainnya karena PT dianggap sebagai suatu entitas. Ada aturan khusus dalam UU PT yang harus dipenuhi agar proses pembubaran PT berjalan dengan lancar, seperti kewajiban pajak yang harus dipenuhi. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendirikan badan usaha PT atau lainnya, percayakan saja pada Jasa Pendirian PT dengan mengunjungi website kami di temanlegal.com